PENGEMBANGAN VIRTUAL LAB GELOMBANG CAHAYA UNTUK PEMBELAJARAN AKTIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Reno Nurdiyanto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Effendi Malik Universitas Negeri Yogyakarta
  • Febriani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dr. Pujianto Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

Gelombang cahaya, kemandirian belajar, pembelajaran aktif, virrtual lab

Abstract

Gelombang cahaya merupakan salah satu materi mata pelajaran fisika yang dianggap sulit oleh peserta didik karena proses pembelajaran yang hanya terpaku pada rumus tanpa pemahaman melalui fenomena fisis. Proses pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di era new normal saat ini menyebabkan peserta didik semakin sulit mempelajari fenomena fisis secara langsung melalui laboratorium sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Aplikasi Virtual Lab Gelombang Cahaya untuk pembelajaran aktif dan kemandirian belajar di era new normal pada peserta didik kelas XI SMA semester 2. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R and D) dengan desain 3D model yang terdiri atas define, design, dan develop. Hasil yang diperoleh yaitu 1) Materi yang digunakan adalah sifat gelombang cahaya dengan fokus materi pada karakteristik pemantulan,dispersi, dan difraksi cahaya, 2) Aplikasi Virtual Lab yang telah siap digunakan dengan spesifikasi dapat diinstal pada smartphone 3) Uji validitas yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil dinyatakan layak. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Virtual Lab Gelombang Cahaya dapat digunakan untuk menciptakan pembelajaran aktif dan kemandirian belajar melalui pembelajaran jarak jauh di era new normal dengan memberikan pengalaman belajar. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah aplikasi ini dapat digunakan untuk melengkapi kegiatan praktikum yang tidak dapat dilakukan secara langsung di laboratorium, sehingga masih perlu disempurnakan dengan kegiatan peserta didik mencoba secara langsung di rumah dengan alat-alat yang sederhana.

Author Biographies

Reno Nurdiyanto, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Fisika

Effendi Malik, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Fisika

Febriani, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Fisika

Dr. Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta

Pendidikan Fisika

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Nurdiyanto, R. ., Malik, E., Febriani, & Dr. Pujianto. (2021). PENGEMBANGAN VIRTUAL LAB GELOMBANG CAHAYA UNTUK PEMBELAJARAN AKTIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI ERA NEW NORMAL. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 1–14. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/111