INOVASI VIDEO BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR

Authors

  • M. Cessario Al Faraby Universitas Al Azhar Indonesia
  • Juan Malik Frederick T Universitas Al Azhar Indonesia
  • Rahma Mahardhika A. P Universitas Al Azhar Indonesia
  • Wildan Hakim Universitas Al Azhar Indonesia

Keywords:

Belajar, Inovasi, Interaksi, Video Based Learning

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh dosen memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam aktivitas pengajaran. Pertemuan tatap muka di kelas yang ditiadakan pada akhirnya ikut mempercepat adaptasi TI sebagai metode pembelajaran. Namun, kuliah daring menuntut dosen untuk makin kreatif dalam menyajikan konten perkuliahan agar tetap bisa menarik. Salah satu metode penyajian materi kuliah agar tetap menarik perhatian mahasiswa ialah dengan menyajikan video pembelajaran. Melalui video based learning diharapkan ada interaksi secara tidak langsung antara mahasiswa yakni interaksi yang menggantikan Zoom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi literatur. Berdasarkan uji lapangan, ditemukan video based learning sebagai inovasi pembelajaran dapat meningkatkan interaksi pada proses belajar mengajar. Dari analisis deskriptif terhadap jawaban yang diberikan para responden, diketahui para mahasiswa angkatan 2019 merespon dengan positif penyajian video based learning ini sebagai medium pengajaran yang menggantikan kuliah tatap muka secara langsung.

Author Biographies

M. Cessario Al Faraby, Universitas Al Azhar Indonesia

Ilmu Komunikasi

Juan Malik Frederick T, Universitas Al Azhar Indonesia

Ilmu Komunikasi

Rahma Mahardhika A. P, Universitas Al Azhar Indonesia

Ilmu Komunikasi

Wildan Hakim, Universitas Al Azhar Indonesia

Ilmu Komunikasi

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Faraby, M. C. . A., T, J. M. F. ., P, R. M. A. ., & Hakim, W. . . (2021). INOVASI VIDEO BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 43–56. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/116