EFEKTIFITAS METODE KONTEN PEMBELAJARAN TERHADAP MAHASISWA
Keywords:
konten pembelajaran, Mahasiswa, DaringAbstract
Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih menunjukkan trend perkembangan yang terus meningkat. Belum ada prediksi yang tepat untuk menentukan kapan pandemik ini akan berakhir. Menyikapi kondisi ini, pemerintah membuat kebijakan mengenai proses pembelajaran agar tetap berjalan yakni dengan metode pembelajaran jarak jauh atau yang dikenal daring (online). Tentunya situasi ini akan berdampak ke proses pembelajaran di perguruan tinggi. Dalam rangka memaksimalkan kondisi ini, tenaga pendidik harus mengembangkan inovasi serta kreativitas untuk menunjang proses akademik, sehingga memerlukan konten pembelajaran yang sesuai dengan keperluan para mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) untuk mengetahui efektifnya konten akademik bagi mahasiswa ketika pembelajaran secara daring; 2) untuk mengetahui platform apa agar konten pendidikan sampai ke mahasiswa; 3) untuk mengetahui kebutuhan atau jenis konten seperti apa yang sesuai untuk mahasiswa pada situasi sekarang; 4) untuk mengetahui siapa yang penting dalam
pembelajaran daring serta bagaimana cara peran tersebut mempertahankan mutu nya; 5) untuk mengetahui pentingnya peningkatan mutu pada konten pembelajaran. Subyek penelitian ini terdiri atas 50 mahasiswa Agroteknologi Universitas Riau (UR) angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey yang dilakukan secara online dengan menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konten akademik efektif digunakan saat pembelajaran daring; 2) platform yang digunakan agar konten sampai ke-mahasiswa berupa classroom, gmeet, zoom, youtube, ruangguru, zenius, brainly, whatsapp; 3) untuk gambaran konten pembelajaran yang efektif berupa video animasi, visualisasi menarik, adanya interaksi, penjelasan singkat, konten yang mengispirasi, konten berupa gambar serta penjelasan; 4) yang berperan penting ialah dosen, mahasiswa, orangtua; 5) peningkatan mutu konten sangat penting pada pembelajaran.