PERLUASAN PLATFORM E-LEARNING UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN DI DAERAH TERPENCIL
Keywords:
Daerah Terpencil, E-learning, Pembelajaran jarak jauh, TelevisiAbstract
Pada saat ini pembelajaran dilakukan secara online untuk menghindari penyebaran Covid-19, adanya pandemi Covid-19 ini pemerintah terpaksa meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar sejak bulan Maret lalu. Akibat penyebaran Covid-19 yang tidak kunjung usai, pemerintah menetapkan pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh. Meskipun dinilai efektif, pembelajaran online juga memilikikekurangan yaitu sulitnya akses e-learning di daerah terpencil dan susah sinyal. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan platform berupa e-learning yang dapat dihubungkan dengan saluran televisi untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perluasan e-learning multi platform agar bisa diakses di televisi. Metode yang kami gunakan untuk penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survey terhadap hasil penelitian tentang pembelajaran jarak jauh terhadap sekelompok siswa/siswi. Penilitian ini menghasilkan suatu cara terbaru untuk mengakses e-learning di televisi dengan menambahkan channel baru yang ditujukan untuk pelajar yang berada di daerah terpencil. Dengan adanya pengembangan pembelajaran melalui e- learning di televisi, menjadikan pembelajaran jarak jauh akan lebih mudah diakses sehingga dapat dirasakan juga oleh masyarakat di daerah terpencil untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih merata.