IMPLEMENTASI KAHOOT! DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN DARING INTERAKTIF
Keywords:
COVID-19, pandemi, pendidikan, perguruan tinggi, teknologi digitalAbstract
Pandemi COVID-19 menempatkan seluruh dunia pada umumnya dan Indonesia secara khusus pada situasi kritis. Pandemi COVID-19 mempengaruhi sistem pendidikan yang awalnya adalah tatap muka menjadi daring. Maka dari itu, pengetahuan tentang trend inovasi teknologi digital dalam dunia pendidikan adalah penting sehingga dapat memilih teknologi yang tepat untuk diimplementasikan secara riil. Karya tulis ini menyajikan rangkuman trend teknologi yang telah diimplementasikan di dunia pendidikan. Dilakukan dua metode, yakni pengumpulan data melalui tahapan studi literatur di internet menggunakan search engine ScienceDirect dan Google Scholar dengan kata kunci kualitas pendidikan, teknologi, e- learning dan metode survei. Hasil studi literatur menunjukkan inovasi trend teknologi pendidikan berbasis digital seperti e-learning maupun blended learning berada di posisi teratas sebagai teknologi yang dianggap menyumbang pengaruh terpositif dalam keberlangsungan pendidikan di tengah pandemi. Beberapa contoh platform penunjang e- learming yang banyak digunakan adalah Kahoot!, Edmodo, Prototype, Macromedia Flash Player, Lectora Inspire, Moodle, dan Adobe Dreamweaver CS6. Pada umumnya, tiap-tiap platform mampu menyajikan bahan ajar interaktif, berbagi ke sesama pengguna, serta dapat diakses kapanpun dan di manapun. Di antara semuanya, Kahoot! menjadi yang paling diminati. Kahoot! adalah alat evaluasi yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot!. Dengan sisipan games dan tampilan warna-warni yang dapat meningkatkan antusiasme peserta didik, Kahoot! sangat cocok dipadukan dengan model pembelajaran saat ini, khususnya e-learning. Melalui perangkuman data literatur trend teknologi digital dan validasi pustaka, diharapkan gambaran pemetaan teknologi yang menunjang dan cocok diterapkan pada jenjang perguruan tinggi Indonesia dapat dimengerti sehingga kontinuitas pelaksaan praktik pendidikan dapat konsisten dan selalu memberi prestasi hingga skala global.