STUDI LITERATUR PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN KIMIA: KEUNGGULAN, MANFAAT DAN APLIKASINYA

Authors

  • Alawia Chusna Universitas Negeri Malang
  • Augusto Daniel Setiadi Universitas Negeri Malang
  • Elok Amalia Universitas Negeri Malang
  • Prof. Fauziatul Fajaroh Universitas Negeri Malang

Keywords:

Augmented Reality, pembelajaran kimia, studi literatur

Abstract

Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari materi serta konsep-konsep yang sebagian besar bersifat abstrak, sehingga dibutuhkan tiga level representasi yaitu makroskopik, submikroskopis, dan simbolik untuk memahaminya. Kesulitan dalam memahami konsep kimia seringkali dialami siswa pada level submikroskopis yang hanya tergambar secara 2D dalam buku, sehingga dibutuhkan kemampuan berimajinasi untuk dapat memahami bagaimana molekul-molekul dalam suatu zat yang tidak bisa dilihat dapat berinteraksi. Karena itu, dibutuhkan kajian lebih dalam mengenai media yang dapat membantu siswa dalam merepresentasikan molekul-molekul dari struktur 2D menjadi 3D yang lebih nyata agar dapat membantu siswa dalam memahami molekul-molekul serta struktur suatu zat. Seiring dengan perkembangan dan pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan, terdapat inovasi baru yaitu AR atau Augmented Reality. AR merupakan suatu teknologi yang dikembangkan dengan menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual sehingga pengguna akan mendapatkan bentuk visual 3D dari suatu objek. Penelitian ini berisi kajian literatur mengenai penerapan Augmented Reality, baik keunggulan, manfaat serta aplikasinya dalam pembelajaran kimia dari beberapa artikel penelitian. Artikel-artikel tersebut dipublikasi oleh jurnal nasional maupun internasional dan dipilih berdasarkan rentang waktu dari tahun 2010 sampai 2020. Hasil penelitian mengungkap bahwa penerapan AR dalam pembelajaran kimia dapat memudahkan siswa memahami konsep abstrak dengan memvisualisasikan atom, molekul, ikatan, dan interaksi antarmolekul yang terlihat seperti nyata, serta meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa dalam belajar kimia. Sehingga melalui hasil kajian ini dapat diperoleh informasi mengenai keunggulan, manfaat serta aplikasi AR dalam pembelajaran kimia, dan dapat menjadi referensi bagi peneliti lain yang ingin menerapkan AR dalam pembelajaran khususnya untuk menunjang pembelajaran kimia.

Author Biographies

Alawia Chusna, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Kimia

Augusto Daniel Setiadi, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Kimia

Elok Amalia, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Kimia

Prof. Fauziatul Fajaroh, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Kimia

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Chusna, A., Setiadi, A. D., Amalia, E., & Fajaroh, P. F. (2021). STUDI LITERATUR PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN KIMIA: KEUNGGULAN, MANFAAT DAN APLIKASINYA. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 71–84. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/149