PENGARUH PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN MODEL BLANDED POE2WE BAGI SISWA/MAHASISWA

Authors

  • Yesika Purba Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Nur Rizki Madani Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Farrel Abednego Darea Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Abduh Sayid Albana Institut Teknologi Telkom Surabaya

Keywords:

Efektivitas, E-Learning, Pengembangan

Abstract

Pengembangan inovasi pembelajaran digital dengan model Blended POE2WE bertujuan untuk  mengakses pengetahuan setiap saat tak terbatas waktu dan tempat menjalin komunikasi berbasis internet menciptakan pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan. Menciptakan proses pembelajaran lebih interaktif dan inovati. Metode penelitian yang digunakan adalah literasi (studi pustaka). Pengolaan Data Elektronik digunakan untuk memanipulasi data menjadi suatu informasi yang lebih berguna. Data merupakan objek mentah, yang belum diolah dan akan diolah. Sedangkan, informasi adalah data yang telah diolah dan sifatnya menjadi data lain yang bermanfaat. Pembelajaran digital adalah produk revolusi industry 4.0. Pembelajaran digital merupakan ‘a large collection of computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources’. Selain itu, model pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write dan Evaluation (POE2WE) dikembangkan dari model pembelajaran POEW dan model pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Konstruktivistik. Oleh karena itu, Blended Learning digunakan untuk mensintesis pembelajaran tatap muka dan pembelajaran berbasis online menjadi satu campuran yang terintegrasi sehingga dapat menciptakan dampak yang tinggi, efisien, dan menarik. Secara praktis, blended learning berarti bahwa pembelajaran (pembelajaran tatap muka dalam kelas) juga dilengkapi dengan format elektronik lainnya (e-learning) untuk membuat suatu program pembelajaran yang optimal. Hal ini disebabkan karena pemanfaatan E-Learning sangat diunggulkan dibanding dengan Pembelajaran Konvensional secara tatap muka.

Author Biographies

Yesika Purba, Institut Teknologi Telkom Surabaya

Teknik Industri

Nur Rizki Madani, Institut Teknologi Telkom Surabaya

Teknik Industri

Farrel Abednego Darea, Institut Teknologi Telkom Surabaya

Teknik Industri

Abduh Sayid Albana, Institut Teknologi Telkom Surabaya

Teknik Industri

Downloads

Published

2021-07-18

How to Cite

Purba, Y., Madani, N. R., Darea, F. A., & Albana, A. S. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN MODEL BLANDED POE2WE BAGI SISWA/MAHASISWA. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 2(1), 139–148. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/150