FORESTY: INOVASI BERBASIS IOT UNTUK MEMINIMALISASI ANGKA DEFORESTASI DENGAN MEMANFAATKAN MACHINE LEARNING SEBAGAI AKSI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS)

Authors

  • Mukhammad Sholikhuddin Universitas Pertamina
  • Rizky Yama Universitas Pertamina
  • Aditya Wibawa Sakti, Ph. D. Universitas Pertamina

Keywords:

Deforestasi, IoT, Renewable Energy, SDGs, Smart City

Abstract

Hutan memiliki peran dalam menyerap lebih dari 7 miliar metrik ton karbon dioksida setiap tahun. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia mengalami penurunan luas lahan hutan atau deforestasi mencapai 115.459 ha pada periode 2019-2020. Angka deforestasi paling besar terdapat di kawasan Kalimantan, yakni seluas 41,5 ribu ha, Bali dan Nusa Tenggara 21,3 ribu ha, Sumatera 17,9 ribu ha, Sulawesi 15,3 ribu ha, Kepulauan Maluku 19,9 ribu ha, dan Papua 8,5 ribu ha. Adapun luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia sebanyak 358.867 ha pada 2021 yang mana meningkat 20,85% dibandingkan pada 2020 dengan luas 296.942 ha. Pada proses penelitian, penulis menggunakan tiga metode, yaitu studi literatur, observasi, dan studi kasus. Ketiga metode tersebut dikombinasikan satu sama lain yang bertujuan untuk mempermudah dalam mengkaji permasalahan. Dari permasalahan di atas, penulis menciptakan inovasi bernama FORESTY, yakni sistem peringatan pintar yang berguna dalam mendeteksi aktivitas deforestasi. FORESTY memanfaatkan teknologi Image Recognition berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dapat dipantau melalui aplikasi. Sumber energi utama yang digunakan pada inovasi ini berasal dari panas matahari yang disimpan pada baterai. Kombinasi sistem audio analyzer dengan Artificial Intelligence (AI) pada FORESTY berfungsi untuk mendeteksi aktivitas manusia yang sedang melakukan proses illegal logging. Inovasi ini juga mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan ke-3, 13, dan 15, serta realisasi konsep smart city di Indonesia. FORESTY mempunyai potensi yang besar untuk dapat direalisasikan dalam kehidupan nyata, serta berperan dalam meningkatkan kualitas kesehatan manusia, mengatasi perubahan iklim, dan menjaga kelestarian ekosistem hutan dan lingkungan.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Sholikhuddin, M., Yama, R., & Sakti, Ph. D., A. W. (2023). FORESTY: INOVASI BERBASIS IOT UNTUK MEMINIMALISASI ANGKA DEFORESTASI DENGAN MEMANFAATKAN MACHINE LEARNING SEBAGAI AKSI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS). Lomba Karya Tulis Ilmiah, 4(1), 129–142. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/286