KORELASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI

Authors

  • Nailil Khilma Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul
  • Avivah Dwi Apriani Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul
  • Septiana Ramadhan Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul
  • Dwi Mulyono, S.Pd Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul

Keywords:

Augmented Reality, Materi Biologi, Media Pembelajaran 3D

Abstract

Penetapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang dilakukan pemerintah untuk mengejar ketertinggalan pendidikan di Indonesia sudah mulai aktif diterapkan di berbagai wilayah. Namun pemerintah belum sepenuhnya menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka bagi semua siswanya. Hal ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah tentang sistem PTM yang sudah diterapkan di berbagai wilayah, salah satunya di MAN 4 Bantul. Media pembelajaran yang digunakan di MAN 4 Bantul masih menggunakan media konvensional seperti papan tulis, buku, dan media konvensional lainnya. Hal ini membuat siswa mudah bosan dan jenuh dalam memahami materi yang disampaikan. Maka dari itu, peneliti berupaya membuat media pembelajaran 3D berbasis Augmented Reality (AR) dengan tujuan mengurangi kebosanan siswa ketika pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipaparkan melalui Augmented Reality (AR). Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan membagi kelas menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil yang didapatkan, jumlah jawaban benar keseluruhan yang didapatkan oleh kelompok kontrol mencapai 82 dengan persentase rata-rata jawaban benar per orang mencapai 51,25%, sedangkan jumlah jawaban benar keseluruhan yang didapatkan oleh kelompok eksperimen lebih meningkat signifikan mencapai 136 dengan persentase rata-rata jawaban benar per orang mencapai 85%. Sedangkan berdasarkan kuesioner yang dibagikan, sebanyak 81% responden berpendapat cukup membantu dalam memahami materi biologi terutama metabolisme, sebanyak 87% responden berpendapat cukup menyenangkan jika digunakan ketika pembelajaran, sebanyak 81% responden berpendapat dapat meningkatkan pemahaman materi biologi terutama metabolisme, dan sebanyak 94% responden berpendapat bahwa media ini lebih menarik dari pada penggunaan buku dan e-book.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Khilma, N., Apriani, A. D., Ramadhan, S., & Mulyono, S.Pd, D. (2023). KORELASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 4(1), 173–189. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/291