IMPLEMENTASI KURIKULUM PROTOTIPE PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Authors

  • Khoirunnisa Adila SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
  • Alvinajmi Arianto SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
  • Hardian Adinata Makarim SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo
  • Wahyu Endra Wicaksana, M. Pd SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Keywords:

Kurikulum Prototipe, Pendidikan Berkualitas, Projek Pelajar Pancasila, Sekolah Penggerak

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mengidentifikasi dan menganalisis secara konseptual kurikulum baru, yakni kurikulum prototipe yang akan digunakan oleh semua instansi pendidikan di seluruh Indonesia. Kurikulum prototipe adalah kurikulum berbasis kompetensi untuk mendukung pemulihan dan pemerataan kualitas pendidikan dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang memanfaatkan kemajuan sains dan teknologi untuk mendukung pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila yang meliputi beriman, bertaqwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia; berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif. Selain itu, di beberapa tingkatan pendidikan seperti di jenjang SMA terdapat penghilangan penjurusan IPA, IPS, Bahasa, dan sebagai gantinya siswa kelas X akan mengikuti mata pelajaran yang sama dengan SMP. Sementara kelas XI dan XII dapat memilih kombinasi mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan cita-citanya. Dalam kurikulum prototipe diwajibkan untuk mengikuti pembelajaran informatika, dimana informatika menjadi mata pelajaran wajib untuk menyesuaikan kemajuan teknologi digital yang diselaraskan dengan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bahwa kurikulum prototipe merupakan solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan metode kajian pustaka atau library research yang sifatnya kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum prototipe adalah bentuk usaha pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia di tengah keragaman potensi peserta didik. Harapan dari penelitian ini dapat mengimplementasikan kurikulum prototipe pada tahun kedua yang berfokus pada pemetaan peminatan

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Adila, K., Arianto, A., Makarim, H. A., & Wicaksana, M. Pd, W. E. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM PROTOTIPE PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 4(1), 219–227. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/294