GOKANG SEBAGAI INOVASI LAYANAN JASA KONSTRUKSI BERBASIS MOBILE UNTUK MENDAPATKAN TUKANG BANGUNAN DENGAN KUALITAS TERBAIK

Authors

  • Velycia Andhani Halim SMA Negeri Ambulu
  • Arianti Salamatul Firmania SMA Negeri Ambulu
  • Noni Diana Ummami SMA Negeri Ambulu
  • Sutadji, S.Pd, M.Pd SMA Negeri Ambulu

Keywords:

Konstruksi, Layanan Jasa, Teknologi 4.0, Tukang Bangunan

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat pada era industri 4.0 dapat bermanfaat bila masyarakat dapat mengikuti, menyesuaikan, dan membiasakan diri. Keterbatasan sarana dan prasarana memengaruhi hasil akhir konstruksi di lapangan (Bohari dkk, 2019). Kegagalan konstruksi hampir 20-40% terjadi dalam tahap proses pelaksanaan dan kegagalan tersebut 54% diakibatkan oleh tenaga kerja yang tidak terampil dan selebihnya 12% diakibatkan oleh mutu material (Wiyana, 2012). Tidak terampil pekerja saat mengerjakan sesuatu yang tidak sesuai dengan keahliannya menimbulkan ketidakpuasan konsumen. Padahal tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu pelayanan jasa merupakan hal penting. Dalam penulisannya, karya ilmiah ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dari sumber data yang terpercaya dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur. Hasil studi menunjukkan bahwa dibutuhkannya suatu sarana berupa aplikasi yang mampu memberikan jaminan kepercayaan, memastikan tukang bangunan bekerja sesuai bidangnya, memenuhi kepuasan konsumen, serta merepresentasikan kualitas dan kualifikasi pekerjanya. Maka, GoKang sebagai aplikasi layanan jasa konstruksi berbasis mobile menjadi sebuah inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pertama-tama, tukang bangunan dan customer melakukan pendaftaran untuk menjadi anggota di GoKang. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi oleh GoKang, tukang bangunan bisa menerima pesanan dan customer dapat melakukan request kepada tukang yang memiliki keahlian sesuai dengan pekerjaan konstruksinya. Setelah menerima pekerjaan konstruksi dari customer, tukang dapat membuat kesepakatan kerja dan melakukan proses pengerjaan sampai pembayaran yang telah disepakati. Keunggulan aplikasi ini adalah memberikan jaminan, merepresentasikan kualitas tukang melalui pemberian rating dan ulasan, serta meningkatkan kepuasan konsumen dengan mendapatkan pekerja yang sesuai. GoKang diharapkan mampu menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan kepuasan konsumen terhadap kinerja tukang bangunan.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Halim, V. A., Firmania, A. S., Ummami, N. D., & Sutadji, S.Pd, M.Pd. (2023). GOKANG SEBAGAI INOVASI LAYANAN JASA KONSTRUKSI BERBASIS MOBILE UNTUK MENDAPATKAN TUKANG BANGUNAN DENGAN KUALITAS TERBAIK. Lomba Karya Tulis Ilmiah, 4(1), 259–273. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/view/298