Alat Pemanggil Ikan Air Tawar Berbasis IoT

Authors

  • bryanbm Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Muhsin

DOI:

https://doi.org/10.52435/complete.v2i2.178

Keywords:

Frekuensi, Hotspot, Pitch,Wisata Perikanan

Abstract

Wisata perikanan merupakan salah satu sektor pariwisata di Indonesian,sayangnya pariwisata ini memiliki beberapa kelemahan diantara lain hanya memiliki beberapa titik hotspot atau tempat berkumpul ikan yang sedikit dari area perairan yang luas akibatnya pemancing akan hanya berkumpul disatu titik tertentu sehingga pemancing akan malas untuk datang lagi, tujuan dari project ini itu yaitu menghasilkan alat pemanggil ikan air tawar berbasis IoT dengan gelombang bunyti berbasis IoT yang dapat berguna bagi masyarakat pada umumnya dan bagi pengelola wisata perikanan pada khususnya, target yang harus dicapai dari perangkat ini yang pertama adalah berhasil membuat ikan berkumpul atau mendekat disekitar perangkat yang sudah ditanam diberbagai titik sehingga penyebaran ikan tidak hanya terfokus pada satu titik saja, dan yang kedua adalah dapat mengimplementasikan sistem IoT pada perangkat ini karena sebuah tantangan sendiri untuk membuat perangkat Iot untuk penggunaan bawah air. Ujicoba dari perangkat ini akan dilakukan pada ikan air tawar (Oreochromis niloticus) dengan dua mencoba 2 pendekatan yang berbeda yakni frekuensi dan pitch dengan range yang dipercaya akan dapat memanggil ikan, kemudian akan dicatat bagaimana respon ikan terhadap masing masing pendekatan tersebut dan didapatkanlah pendekatan mana yang lebih efisien. Kemudian pengujian akan dilanjutkan diwaduk menggunakan data pendekatan efisien yang didapatkan dari percobaan sebelumnya untuk mendapatkan analisis hasil terhadap kondisi lapangan atau kondisi nyata, serta analisa sistem. Hasil yang didapatkan adalah ikan lebih tertarik pada perangkat saat menggunakan pitch 1000 yang mana tervalidasi adalah 980hz dan alat ini terbukti ramah terhadap penggunaan konsep “opensource”.

References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Bab II Pasal 3 tentang Kepariwisataan. 2009. Jakarta:Kementerian Hukum dan Hak AsasiManusia,2009.

Admin.“Banyaknya Desa/Kelurahan Menurut Keberadaan Sungai, Saluran Irigasi, Danau/Waduk/Situ/Bendungan, Embung, Dan Mata Air 2018”, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur2018,[Online],(https://jatim.bps.go.id/staticTabel/2019/10/04/1536/banyaknyadesa-kelurahan-menurut-keberadaan-sungai-saluran-irigasi-danau-waduk-situbendungan-embung-dan-mata-air-2018.html,diakses 16 Juni 2021).

Kabarman. “Struktur Dasar Danau & Keberadaan Ikan Untuk Target Pancingan ”, kabarmancing, 31 maret 2020, [Online].

Admin. “Dampak Pandemi, Pengunjung Waduk Bendo Menurun Drastis”, blokbojonegoro, 23Desember 2020, [Online].

Bambang Murdaka Eka Jati, Tri Kuntoro Priyambodo. 2013. Fisika Dasar II. Yogyakarta : CV Andi Offset

Purwanto A, "Pengaruh Suara Garengpung (Dundubia manifera)Termanipulasi pada Peak Frekuensi (6,07±0,04) 103 Hz terhadap Pertumbuhan dan Produktifitas Tanaman Kacang Dieng (Vicia faba Linn)". Jurnal Ilmu Sains. 2011;1(1):1.

Cromer Alan H. Fisika Untuk Ilmu –ilmu Hayati. Penerjemah Sumartono Prawiro Susanto ed. Ke 2.Jogyakarta: Gajah Mada University Press. 1994.

L Amundsen dan M Landro. 2011. “Marine Seismic Sources Part VIII: Fish Hear A Great Deal”., GEOeXPro[Online],8(3), 42, diakses 15 Juli 2021).

Yatna Priatna, “Uji Coba Penentuan Frekuensi Suara Dalam Pemikatan Ikan Mas (Cyprinus Carpio)”. Sarjana Sains Jurusan Perikanan, Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia, 2008.

Misliati Hamid, "PENGARUH PEMBERIAN GELOMBANG BUNYI TERHADAP LAJU PERKEMBANGAN BENIH IKAN MAS" Sarjana Sains Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Makassar, Indonesia, 2017.

Tavolga, W.N. Sound Production and Detection. P. 135 –205 In W.S. Hoar., dan D.J. Randall. (ed). Fish Physiology. Vol 5: Sensory System and Electric Organic. Academic Press, Inc. New York . 1971.

N. Rosana dan Suryadhi, “Penentuan gelombang bunyi dalam pembuatan alat pemanggil ikan air tawar berbasis IoT ‘Piknet,’” di Seminar Nasional Kelautan XII, 2017, pp. 18–22. 46

Downloads

Published

2022-03-28

Issue

Section

Articles