Unjuk Kerja Transmisi Data LoRa pada Node yang Bergerak

Authors

  • Yosefine Triwidyastuti Universitas Dinamika
  • Fikri Santoso Harjowinoto Universitas Dinamika
  • Musayyanah Universitas Dinamika
  • Pauladie Susanto Universitas Dinamika
  • Harianto Universitas Dinamika

DOI:

https://doi.org/10.52435/complete.v2i1.205

Keywords:

LoRa, mobile node, packet loss, throughput

Abstract

Saat ini penerapan teknologi komunikasi LoRa sedang mengalami peningkatan di segala bidang, karena LoRa mempunyai keunggulan daya rendah dan jangkauan jauh. Namun pada umumnya, penerapan tersebut hanya menganalisis unjuk kerja transmisi data LoRa pada kondisi node pemancar dan penerima yang diam di tempat. Oleh karena itu, penelitian ini secara khusus membahas penerapan transmisi data LoRa pada node yang bergerak untuk mengetahui pengaruh kecepatan gerak node terhadap unjuk kerja transmisi data LoRa. Satu buah transmitter node yang terus-menerus mengirimkan paket data akan digerakkan pada suatu lintasan lurus menjauh dari sebuah receiver node yang diam. Kemudian pada receiver node, nilai packet loss dan throughput dari semua paket dihitung untuk mengukur unjuk kerja transmisi data. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata dari semua percobaan, nilai kecepatan node yang tinggi pada percobaan lintasan lurus menghasilkan nilai packet loss yang semakin rendah dan nilai throughput yang semakin besar.

References

Thoen, B.;Callebaut, G.;Leenders, G.;Wielandt, S. A Deployable LPWAN Platform for Low-Cost andEnergy-Constrained IoT Applications. Sensors2019,Volume 19, 585.

Putra, D. S.;Bogi, N.;Mayasari, R. Rancang Bangun Smart Lighting dan Monitoring Kondisi Lampu Jalan Berbasis Wireless Sensor Network Menggunakan LoRa.e-Proceeding of Engineering2019, Volume 6,pp. 4748-4755.

Jedermann, R.; Borysov, M.; Hartgenbusch, N.; Jaeger, S.; Sellwig, M.; Lang, W. Testing LoRa for food applications –Example application for airflow measurements inside cooled warehouses with apples. Procedia Manufacturing2018, Volume 24, pp. 284-289.

Moulat,M.E.;Debauche,O.;Mahmoudi, S.;Brahim,L.A.;Manneback, P.; Lebeau, F. Monitoring System Using Internet of Things for PotentialLandslides. Procedia Computer Science2018, Volume 134, pp. 26-34.

Perles, A.; Pérez-Marín, E.; Mercado, R.; Segrelles, J.D.; Blanquer, I.; Zarzo,M.;Garcia-Diego, F.J. An energy-efficient internet of things (IoT) architecture for preventive conservation of cultural heritage. Future Generation Computer Systems2018, Volume 81, pp. 566-581.

Haxhibeqiri, J.; Karaagac, A.; Van den Abeele,F.; Joseph,W.;Moerman, I.;Hoebeke, J. LoRa Indoor Coverage and Performance in an Industrial Environment: Case Study, 22nd IEEE International Conference on Emerging Technologies and Factory Automation (ETFA), 2017, pp. 1-8.

Yanziah, A.; Soim, S.; Rose, M.M.AnalisisJarak Jangkauan LoRa dengan Parameter RSSI dan Packet Loss pada Area Urban. Jurnal Teknologi Technoscientia2020, Volume 13, pp. 59-67.

Firmansyah, M.S.R.; Musayyanah; Susanto, P. Analisis Parameter LoRa pada Lingkungan Outdoor. Journal of Control and Network Systems2020, Volume 9, pp. 110-118

Downloads

Published

2022-07-30

Issue

Section

Articles