Pengenalan Gestur Jari Tangan Sebagai Media Pembelajaran Berhitung Bagi PAUD Berbasis Visi Komputer dan Deep Learning
Pengenalan Gestur Jari Tangan BerbasisVis i Komputer Dan Deep Learning
DOI:
https://doi.org/10.52435/complete.v4i1.355Keywords:
Gestur Jari Tangan, CNN, Mediapipe, Media Pembelajaran, Visi KomputerAbstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan periode perkembangan yang penting dalam kehidupan anak, salah satu pertumbuhan yang penting adalah aspek kognitif. Berhitung termasuk dalam kemampuan kognitif yang meliputi kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mensintesis, dan kemampuan mengevaluasi. Guna meningkatkan kemampuan berhitung bagi anak-anak maka harus diketahui bagaimana cara mengaplikasikan hitungan tersebut dalam dunia nyata. Pada penelitian ini memberikan solusi bagaimana cara belajar berhitung yang menyenangkan serta tidak membosankan bagi anak-anak menggunakan media pembelajaran berhitung yang interaktif melalui pengenalan bentuk gestur jari-jari kedua tangan berbasis visi komputer dan deep learning secara realtime. Adapun visi komputer pada penelitian ini menggunakan framework MediaPipe, sedangkan metode deep learning yang digunakan adalah arsitektur Convolutional Neural Network (CNN). Hasil pengujian yang telah dilakukan pada penelitian ini, akurasi deteksi kesepuluh jari tangan untuk proses berhitung dari metode MediaPipe sebesar 89,9% dengan frame per second-nya antara 20-25 FPS. Metode CNN persentase akurasi deteksinya 20% dengan nilai FPS-nya antara 10-12 FPS, manfaat dari hasil penelitian ini bisa memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, menstimulasi, dan mendukung perkembangan anak secara holistik.
References
A. Nurhayati. "Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ki Hajar Dewantara," S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, 2021.
S. Ahmed; F. Khan; A. Ghaffar; F. Hussain; S. H. Cho. “Finger-counting-based gesture recognition within cars using impulse radar with convolutional neural network,” Sensors (Switzerland), vol. 19, no. 6, 2019, doi: 10.3390/s19061429.
N. Anam. “Sistem Deteksi Simbol pada SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) Menggunakan Mediapipe dan Resnet-50,” Undergraduate thesis, Universitas Dinamika, 2022.
M. R. Zaman; F. Utaminingrum. “Rancang Bangun Sistem Deteksi Gestur Tangan untuk Pengendalian Slide Presentasi menggunakan Algoritme You Only Look Once Versi 3,” vol. 5, no. 8, pp. 3393–3398, 2021.
H. Yunita; E. Setyati. “Hand Gesture Recognition Sebagai Pengganti Mouse Komputer Menggunakan Kamera,” J. ELTIKOM, vol. 3, no. 2, pp. 64–76, 2019, doi: 10.31961/eltikom.v3i2.114.
S. S. Makahaube; A. M. Sambul; S. R. Sompie. “Implementation of Gesture Recognition Technology for Automated Education Service Kiosk,” J. Tek. Inform., vol. 16, no. 4, pp. 1–8, 2021.
M. F. Nasution et al. “Perancangan Alat Bantu Komunikasi Pasien Stroke Berat Menggunakan Gesture Recognition Terintegrasi Internet Of Things Design a Communication Tool for Severe Stroke Patients Using Gesture Recognition Integrated with the Internet of Things,” Telekontran, vol. 10, no. 2, pp. 128–138, 2022.
Andri Nugraha Ramdhon; Fadly Febriya. “Penerapan Face Recognition Pada Sistem Presensi,” J. Appl. Comput. Sci. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 12–17, 2021, doi: 10.52158/jacost.v2i1.121.
M. Arsal; B. Wardijono; D. Anggraini. “Face Recognition Untuk Akses Pegawai Bank Menggunakan Deep Learning Dengan Metode CNN,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 6, pp. 55–63, Jun. 2020, doi: 10.25077/TEKNOSI.v6i1.2020.55-63.
A. Zein. “Pendeteksian Kantuk Secara Real Time Menggunakan Pustaka OPENCV dan DLIB PYTHON,” Sainstech J. Penelit. dan Pengkaj. Sains dan Teknol., vol. 28, Jul. 2018, doi: 10.37277/stch.v28i2.238.
A. Perdananto. “Penerapan deep learning pada Aplikasi prediksi penyakit Pneumonia berbasis Convolutional Neural networks,” J. Informatics Commun. Technol., vol. 1, pp. 1–10, Nov. 2019, doi: 10.52661/j_ict.v1i2.34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heri Pratikno, Muhammad Rifki Pratama ; Yosefine Triwidyastuti, Musayyanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.