Peningkatan dan Pemerataan Pendidikan Melalui E-Learning

Authors

  • Muhammad Nasrulloh Mubarak Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Jesica Febriani Nura Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52435/complete.v1i1.98

Abstract

Pandemi COVID-19 menempatkan seluruh dunia pada umumnya dan Indonesia secara khusus pada situasi kritis. Pandemi COVID-19 mempengaruhi sistem pendidikan yang awalnya adalah tatap muka menjadi daring. Maka dari itu, pengetahuan tentang trend inovasi teknologi digital dalam dunia pendidikan adalah penting sehingga dapat memilih teknologi yang tepat untuk diimplementasikan secara riil. Karya tulis ini menyajikan rangkuman trend teknologi yang telah diimplementasikan di dunia pendidikan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tahapan studi literatur di internet menggunakan search engine ScienceDirect dan Google Scholar dengan kata kunci kualitas pendidikan, teknologi, e-learning. Hasil pencarian menunjukkan bahwa inovasi trend teknologi pendidikan berbasis digital seperti e-learning maupun blended learning berada di posisi teratas sebagai teknologi yang dianggap menyumbang pengaruh terpositif dalam keberlangsungan pendidikan di tengah pandemi COVID-19. Beberapa contoh platform media penunjang e-learning yang banyak digunakan adalah Kahoot!, Edmodo, Prototype, Macromedia Flash Player, Lectora Inspire, Moddle, dan Adobe Dreamweaver CS6. Pada umumnya, tiap-tiap platform e-learning mampu untuk menyajikan bahan ajar interaktif, berbagi bahan ajar ke sesama pengguna serta dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Di antara semuanya, Kahoot! menjadi teknologi penunjang yang paling diminati. Kahoot! Adalah alat evaluasi yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot. Teknologi penunjang dengan sisipan games dan tampilan warna-warni ini dapat meningkatkan antusiasme peserta didik sehingga kelas lebih aktif dan seru. Karena itu, platform Kahoot! sangat cocok dipadukan dengan teknologi pembelajaran saat ini, khususnya e-learning. Melalui perangkuman data literatur trend teknologi digital berikut, diharapkan gambaran pemetaan teknologi yang menunjang dan cocok diterapkan pada jenjang perguruan tinggi Indonesia dapat dimengerti. Sehingga kontinuitas pelaksanaan praktik pendidikan Indonesia dapat konsisten dan selalu memberi prestasi hingga skala global.

References

Budiman, H. 2017. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Diakses dari halaman http://103.88.229.8/index.php/tadzkiyyah/article/view/2095/1584, 3 November 2020.

Jumila,dkk. 2018. Analisis Literasi Digital Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Web Kahoot dalam Pembelajaran Koloid. Diakses dari halaman http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/10297/6701, 1 November 2020.

Kristiani, D. 2016. E-Learning Dengan Aplikasi Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan. Diakses dari halaman https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/4163/1179, 1 November 2020.

Jamun, Y.M. 2018. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Diakses dari halaman http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54/40, 1 November 2020.

Mishra, L., Gupta, T., dan Shree, A. 2020. Online Teaching-Learning in higher Education during lockdown Period of COVID-19 Pandemic. Diakses dari halaman https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2666374020300121, 1 November 2020.

Sohibun dan Ade, F. Y. 2017.Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Class Berbantuan Google Drive. Diakses dari halaman https://core.ac.uk/download/pdf/267855409.pdf, 3 November 2020.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. JE., dan Wedi, A. 2018. Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 Dengan Blended Learning. Diakses dari halaman http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852/2177, 2 November 2020.

Anikina, O. V. dan Yakimenko, E. V. 2015. Edutaiment as a modern Technology of Education. Diakses dari halaman https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042814066968, 1 November 2020.

Nickerson, R. S. 2020. Technology in Education in 2020: Thinking About the Nt-Distant Future. Diakses dari halaman https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=NzmcYzz4Y0EC&oi=fnd&pg=PA1&dq=technology+for+education&ots=k3Pz61PjLA&sig=FBGvYwRPndJi6Kd5EX1ww-G-LEs&redir_esc=y#v=onepage&q=technology%20for%20education&f=false, 1 November 2020.

De Bruyckere, P., dkk. 2016. Technology in Education: What Teachers Should Know. Diakses dari halaman https://eric.ed.gov/?id=EJ1094203, 2 November 2020.

Sun, H., dkk. 2018. Aplication of Blockchain Technology in Online Education. Diakses dari halaman https://onlinejour.journals.publicknowledgeproject.org/index.php/i-jet/article/view/9455/5240, 2 November 2020.

Burbules, N. C., Fan, G., dan Repp, P. 2020. Five Trends of Education and Technology in a Sustainable Future. Diakses dari halaman https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2666683920300213, 2 November 2020.

Yanguas, M. L. 2020. Technology and Educational Choices: Evidence From a One-Laptop-Per-Child Program. Diakses dari halaman https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0272775719302729,2 November 2020.

Ospennikova, E., Ershov, M., dan Iljin, I. 2015. Educional Robotics as anInovative Educational Technology. Diakses dari halaman https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042815059431, 2 November 2020.

Rueda, L., Benitez, J., dan Braojos, J. 2017. From Tradisional Education Technologies to Student Satisfaction in Management Education; a Theory of the role of Social Media Application. Diakses dari halaman https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0378720617305128, 3 November 2020.

Bulman, G. dan Fairlie, R. W. 2016. Chapter 5 –technology and Education: Computer, sofware, and the Internet. Diakses dari halaman https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780444634597000051, 3 November 2020.

Ghavifekr, S., dkk. 2016. Teaching and Learning With ICT Tols: Issues and Challenges from Theacers’ Perception. Diakses dari halaman https://eric.ed.gov/?id=EJ1096028, 3 November 2020.

Adami, F. Z. dan Budihartanti, C. 2016. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Diakses dari halaman https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Penerapan+Teknologi+Augmented+Reality+Pada+Media+Pembelajaran+Sistem+Pencernaan+Berbasis+Android&btnG=, 1 November 2020.

Prawiradilaga, D. S. 2016. Pengembangan Learning Object. Diakses dari halaman https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=SdxDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA150&dq=info:m8STsTqc0nUJ:scholar.google.com/&ots=Cizf1gkxZ-&sig=tvbV5NTyQcxjnlFQl8T1uxYQAZE&redir_esc=y , 1 November 2020.

Mawarni, S. dan Muhtadi, A. 2017. Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Diakses dari halaman https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/10114/9316, 1 November 2020.

Sutisna, A. 2016. Pengembangan Model pembelajaran Blended Learning Pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. Diakses dari halaman http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5373/3993, 1 November 2020.

Ramadani, A. D., Sulthoni., dan Wedi, A. 2019. FaktorFaktor yang Berpengaruh Terhadap Implementasi Blended learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Diakses dari halaman http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7678/3910, 2 November 2020.

Yazdi, M. 2012. E-Learning Sebagai media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Diakses dari halaman https://core.ac.uk/download/pdf/295363952.pdf, 2 November 2020.

Jaya, H. 2012. Pengembangan Laboratorium Virtual Untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Diakses dari halaman https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1019/822, 2 November 2020. 25.Hidayat, A. dan Prasetya, E. R. 2019. Penerapan Teknologi Dalam Analisis Perilaku Belajar eflektif Berbasis Sistem Android Untuk Meningkatkan Pembelajaran E-Learning. Diakses dari halaman https://core.ac.uk/download/pdf/322517373.pdf, 2 November 2020.

Asyhari, A. dan Diani, R. 2017. Pembelajaran Berbasis Web Enhanced Course: Mengembangkan Web-Logs Pembelajaran Fisika Dasar I. Diakses dari halaman https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/13435/9310, 2 November 2020.

Masykur, R., Nofrizal., dan Syazali, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan MacroMedia Flash. Diakses dari halaman http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/2014/1564, 2 November 2020.

Rangkuti, R. U. 2019. Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED). Diakses dari halaman http://digilib.unimed.ac.id/37336/1/46.-Rafiqa-Ulfah.pdf, 2 November 2020.

Diamar, P., Kuswanto, J., dan Okta, J. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Mata Pelajaran PKN kelas VIII. Diakses dari halaman http://journal.unbara.ac.id/index.php/BaJET/article/view/212/192, 2 November 2020.

Shalikhah, N., Primadewi, A., dan Iman, M. S. 2017. Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi pembelajaran. Diakses dari halaman http://journals.ums.ac.id/index.php/warta/article/view/2842 , 3 November 2020.

Irawan, R. dan Surjono, H. D. 2018. Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dalam Peningkatan pemahaman Lagu Pada Pmbelajaran Bahasa Inggris. Diakses dari halaman https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/10599/11236, 3 November 2020.

Wulandari, V., Abidin, Z., dan Praherdhiono, H. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. Diakses dari halaman http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7576/3907, 3 November 2020.

Yunarti, Y. dan Ningsih, S. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Dengan Menggunakan Adobe DreamWeaver CS6 Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Semester V Program Studi35 Teknologi Pendidikan Universitas Baturaja. Diakses dari halaman http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/114/80, 3 November 2020.

Soepriyanto, Y. dan Rahmatullah, B. 2016. Pengembangan Video Termediasikan Augmented Reality Sebagai Electronic Performance Support System Dalam Pembelajaran. Diakses dari halaman http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1806/1045, 4 November 2020.

Setiawan, R., dkk. 2019. Efektivitas Blended Learning Dalam Inovasi Pendidikan Era Industri 4.0 pada Mata Kuliah Teori Tes Klasik. Diakses dari halaman https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/27259/12731, 4 November 2020

Downloads

Published

2021-08-09

Issue

Section

Articles