Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kost Murah di Surabaya untuk Mahasiswa ITS dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Authors

  • Rizky Jelang Ramadhani Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Ivan Althirafi R. Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Rifardhi Reza S. Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Astian Afif A. Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Retno Aulia Vinarti Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i2.108

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Kost, Decision Support Systems, Boarding House

Abstract

Sebuah hunian merupakan kebutuhan yang paling penting bagi seorang mahasiswa, khususnya mahasiswa rantau yang berasal dari luar kota. Dalam penentuannya biasanya mempertimbangkan banyak kriteria. Misalnya, berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan tiap bulanya, jarak hunian tersebut dari kampus, maupun fasilitas apa saja yang akan mereka dapatkan. Berbagai hal tersebut yang terkadang membuat mahasiswa menjadi bingung, sehingga dengan adanya suatu sistem pendukung keputusan akan lebih mempermudah mereka dalam mengambil keputusan. Pada artikel ini, penulis mencontohkan empat variabel pendukung keputusan dengan melibatkan dua belas contoh hunian kost dalam pengambilan keputusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian ini dimulai dari tahapan penentuan kriteria, penentuan rating kecocokan, pembuatan matriks keputusan, normalisasi matriks dan diakhiri oleh proses perangkingan, serta menampilkan hasil akhir berupa rangking dari nilai preferensi setiap alternatif. Sehingga luaran dari penelitian ini merupakan suatu hasil perangkingan dan prototipe User Interface.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Rizky Jelang Ramadhani, Ivan Althirafi R., Rifardhi Reza S., Astian Afif A., & Retno Aulia Vinarti. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kost Murah di Surabaya untuk Mahasiswa ITS dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i2.108

Issue

Section

Research Article