Analisis Data Produk Elektronik Di E-Commerce Dengan Metode Algoritma K-Means Menggunakan Python

Authors

  • Ainur Rahman Teknik Informatika, Universitas Bina darma Palembang
  • Heri Suroyo Teknik Informatika, Universitas Bina darma Palembang

DOI:

https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i2.158

Keywords:

python, scraping, clustering

Abstract

Fokus  peneltitian ini adalah melakukan analisis text mining pada produk elektronik yang dijual di e-commerce Shopee dengan menggunakan metode algoritma K-Means bahasa python. Data yang di scraping adalah teks komentar, penjualan dan rating bintang. Data hasil dari penelitian didapatkan pada analisis teks komentar produk dengan wordcloud produk Smartphone low cost menunjukan data komentar marketplace shopee dapat bahwa baik di smartphone low cost maupun yang high cost cenderung memiliki pola wordloud yang sama dimana kata yang dominan muncul cenderung netral dan positif, sedang  yang bermakna negatif cederung tidak dominan. Sementara kata yang sering muncul yaitu  barang, mantap, kirim dan bagus . Sedangkan hasil proses wordcloud high cost  kata yang sering muncul ialah  (kirim, cepat, dan bagus). Serta berdasarkan hasil grafik dari proses clustering data k-means menunjukan bahwa angka penjualan 0 sampai 1000 mendapatkan skor rating bintang tertinggi dan penjualan dengan skor rating bintang terendah ialah antara 1500 sampai 2000 ke atas.

References

A. Yani, D. D., Pratiwi, H. S., & Muhardi, H. (2019). Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Situs Marketplace. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 7(4), 257. https://doi.org/10.26418/justin.v7i4.30930

Handoyo, R., Rumani, R., & Nasution, S. M. (2014). Perbandingan Metode Clustering Menggunakan Metode Single Linkage Dan K-Means Pada Pengelompokan Dokumen. JSM STMIK Mikroskil, 15(2), 73–82. https://mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jsm/article/view/161

Sentiya, A., Suroyo, H., Komputer, F. I., & Darma, U. B. (n.d.). Bina Darma Conference on Computer Science ANALISIS TEXT CLUSTERING AKUN FANPAGE SHOPEE INDONESIA DENGAN Bina Darma Conference on Computer Science. 1055–1067.

Hasibuan A, Z. (2007). M ETODOLOGI P ENELITIAN P ADA B IDANG O leh. Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–194.

Jony Wong, W. (2008). Belanja Elektronik. Belanja Elektronik, 10–42.

Syaifudin, Y. W., & Irawan, R. A. (2018). Implementasi Analisis Clustering Dan Sentimen Data Twitter Pada Opini Wisata Pantai Menggunakan Metode K-Means. Jurnal Informatika Polinema, 4(3), 189. https://doi.org/10.33795/jip.v4i3.205

Indraloka, D. S., & Santosa, B. (2017). Penerapan Text Mining untuk Melakukan Clustering Data Tweet Shopee Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 6–11. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.24419

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Ainur Rahman, & Suroyo, H. (2021). Analisis Data Produk Elektronik Di E-Commerce Dengan Metode Algoritma K-Means Menggunakan Python . Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(2), 11–18. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i2.158

Issue

Section

Research Article