Analisis Data Produk Elektronik Di E-Commerce Dengan Metode Algoritma K-Means Menggunakan Python
DOI:
https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i2.158Keywords:
python, scraping, clusteringAbstract
Fokus peneltitian ini adalah melakukan analisis text mining pada produk elektronik yang dijual di e-commerce Shopee dengan menggunakan metode algoritma K-Means bahasa python. Data yang di scraping adalah teks komentar, penjualan dan rating bintang. Data hasil dari penelitian didapatkan pada analisis teks komentar produk dengan wordcloud produk Smartphone low cost menunjukan data komentar marketplace shopee dapat bahwa baik di smartphone low cost maupun yang high cost cenderung memiliki pola wordloud yang sama dimana kata yang dominan muncul cenderung netral dan positif, sedang yang bermakna negatif cederung tidak dominan. Sementara kata yang sering muncul yaitu barang, mantap, kirim dan bagus . Sedangkan hasil proses wordcloud high cost kata yang sering muncul ialah (kirim, cepat, dan bagus). Serta berdasarkan hasil grafik dari proses clustering data k-means menunjukan bahwa angka penjualan 0 sampai 1000 mendapatkan skor rating bintang tertinggi dan penjualan dengan skor rating bintang terendah ialah antara 1500 sampai 2000 ke atas.
References
A. Yani, D. D., Pratiwi, H. S., & Muhardi, H. (2019). Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Situs Marketplace. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 7(4), 257. https://doi.org/10.26418/justin.v7i4.30930
Handoyo, R., Rumani, R., & Nasution, S. M. (2014). Perbandingan Metode Clustering Menggunakan Metode Single Linkage Dan K-Means Pada Pengelompokan Dokumen. JSM STMIK Mikroskil, 15(2), 73–82. https://mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jsm/article/view/161
Sentiya, A., Suroyo, H., Komputer, F. I., & Darma, U. B. (n.d.). Bina Darma Conference on Computer Science ANALISIS TEXT CLUSTERING AKUN FANPAGE SHOPEE INDONESIA DENGAN Bina Darma Conference on Computer Science. 1055–1067.
Hasibuan A, Z. (2007). M ETODOLOGI P ENELITIAN P ADA B IDANG O leh. Metodologi Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–194.
Jony Wong, W. (2008). Belanja Elektronik. Belanja Elektronik, 10–42.
Syaifudin, Y. W., & Irawan, R. A. (2018). Implementasi Analisis Clustering Dan Sentimen Data Twitter Pada Opini Wisata Pantai Menggunakan Metode K-Means. Jurnal Informatika Polinema, 4(3), 189. https://doi.org/10.33795/jip.v4i3.205
Indraloka, D. S., & Santosa, B. (2017). Penerapan Text Mining untuk Melakukan Clustering Data Tweet Shopee Indonesia. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2), 6–11. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.24419
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ainur Rahman, Heri Suroyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All our articles are published under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.