Pengukuran Tingkat Keberhasilan Penerapan Metode SCRUM Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman di Lingkungan Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Authors

  • Bonda Sisephaputra Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya
  • Ronggo Alit Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52435/jaiit.v4i2.249

Keywords:

SCRUM, CSF, SEM, pemrograman, pembelajaran

Abstract

Keterbatasan dan variasi perangkat menjadi alasan dibalik sulitnya memastikan kesesuaian antara materi dan praktikum pada mata kuliah pemrograman. Akar masalah ini sering terjadi saat perkuliahan daring. Gagasan yang diharapkan dapat menjadi solusi isu tersebut adalah dengan penerapan metode SCRUM dalam proses pembelajaran mata kuliah pemrograman. Scrum melibatkan kolaborasi dan pengaturan diri oleh anggota tim lintas fungsi. SCRUM membantu tim memecahkan masalah dengan meningkatkan komunikasi antar anggota tim. Metode identifikasi menggunakan Critical Succes Factor (CSF) untuk menganalisis pengaruh implementasi metode scrum terhadap efektivitas proses pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman. Pengujian hipotesis menggunakan analisis model Structural Equation Modelling (SEM). Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada tiga faktor yaitu Organizational, People, dan Technical yang berpengaruh, dimana Technical Factor adalah yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan perangkat lunak oleh tim mahasiswa.

References

Abdillah, N. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Scrum pada Startup Digital di Yogyakarta. Thesis Master of Informatics Engineering – Universitas Islam Indonesia

Chow, Tsun, & Cao, Dac Buu. (2008). A survey study of critical success factors in agile software projects. Journal of Systems and Software, 81(6), 961–971.

Dobbins, James H, & Donnelly Richard G. (1998). Summary Research Report On Critical Success Factors In Federal Government Program Management.

Mahfud. Sholihin, Pph.D & Dr. Dwi Ratmono. (2013). Analisis SEM-PLS dengan SmartPLS 3.0 untuk hubungan nonlinier dalam penelitian Sosial dan Bisnis, Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

Makmur, http://masud.lecture.ub.ac.id/files/2015/05/14.-PLS.pdf, diakses tanggal 12 April 2012.

Ningsi, B. A. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 2(2), 8 - 16. https://doi.org/10.21009/JSA.02202

Nurdi, Firdausyi Aulia, & Tricahyono, Dodie. (2022). Pengaruh Faktor-Faktor Kesuksesan Agile System Development Terhadap Efektifitas Pengembangan Produk Perangkat Lunak di PT Xyz Dengan Menggunakan Metode Scrum, Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1).

Perdana, Arkan. (2022). https://glints.com/id/lowongan/metode-scrum/#.YldGr8hByUk, diakses tanggal 12 April 2022.

Truong, Y., & McColl, R. (2011). Intrinsic motivations, self-esteem, and luxury goods consumption. Journal of retailing and consumer services, 18(6), 555-561.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Sisephaputra, B., & Alit, R. (2022). Pengukuran Tingkat Keberhasilan Penerapan Metode SCRUM Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman di Lingkungan Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 4(2), 47–56. https://doi.org/10.52435/jaiit.v4i2.249

Issue

Section

Research Article