Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Energi di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muara Badak Tahun Ajaran 2019/2020

Authors

  • Galih Yudha Saputra Universitas Mulawarman Samarinda
  • Arif Harjanto Universitas Mulawarman Samarinda
  • Yunita Andrian Ningsih Universitas Mulawarman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.52435/jaiit.v2i2.67

Keywords:

media pembelajaran berbasis Android, Mata Pelajaran Fisika, materi pokok energi, Adobe Flash Professional CS6

Abstract

Mata pelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang dirasa siswa sulit untuk dipahami. DenganĀ  mengintegrasikan smartphone dengan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika, diharapkan dapat membantu pendidik agar siswa yang tidak begitu suka dengan mata pelajaran fisika bisa menyukai mata pelajaran tersebut. Pembelajaran melalui media smartphone lebih praktis dilakukan dimana saja dan kapan saja sehingga dapat membuat siswa lebih mudah dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran fisika materi pokok energi adalah metode 4D. Uji kelayakan dapat dilihat pada perolehan hasil angket yang dilakukan kepada ahli materi dan ahli media. Berdasarkan keseluruhan penilaian dari ahli materi dan ahli media terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis android diperoleh rata-rata sebesar 96,5 dengan kategori sangat layak. Sehingga pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran fisika materi pokok energi sangat layak digunakan pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muara Badak Tahun Ajaran 2019/2020.

References

Arief S. S, dkk. (2003). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Asyhari, A. dan Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media. Yogyakarta.

Delkisyarangga, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Komponen Elektronika Daya (ELDA) Di SMK. Skripsi UNY. Yogyakarta.

Fitriyani, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Vlog (Video Blogging ) Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Menumbuhkan Kemandirian dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Ngaglik. Skripsi UNY. Yogyakarta.

Mubarok, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan App Inventor Pada Mata Pelajaran Matematika Teknik untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi UNY. Yogyakarta.

Multyaningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Pers. Yogyakarta

Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Bentuk Buku Saku Digital Untuk Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Di Kelas XI MAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi UNY. Yogyakarta.

Pramuaji, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengenalan CorelDraw Sebagai Sarana Pembelajaran Desain Grafis Di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Skripsi UNY. Yogyakarta.

Purwoko, S. A. (2019). Urutan Versi Android dari Awal Hingga Android Q Terbaru 2019. Internet. Diakses pada tanggal 20 Januari 2020 dari https://jalantikus.com/tips/urutan-versi-android/

Rayandra, A. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi. Jakarta.

Recruitment. (2019). Perkembangan Android Sistem dari Astro Hingga Pie. Internet. Diakses pada tanggal 20 Januari 2020 dari https://toghr.com/perkembangan-android-sistem

Safaat, N. (2015). Aplikasi Berbasis Android, Berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android. Informatika. Bandung

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta. Bandung.

Sobry, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran: Upaya Kreatif dalam Memwujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Holistica. Lombok.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Tegeh, M. I., Jampel, N. I., dan Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu. Yogyakarta

Unaisa. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Materi Prinsip Desain Di SMK Negeri 1 Saptosari. Skripsi UNY. Yogyakarta.

Published

2020-11-01

How to Cite

Saputra, G. Y., Harjanto, A., & Ningsih, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Energi di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muara Badak Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 2(2), 10-24. https://doi.org/10.52435/jaiit.v2i2.67

Issue

Section

Research Article