Pengembangan Aplikasi COSYCALSHIP Berbasis Android untuk Pengelolaan Beasiswa Menggunakan Metode Waterfall

Authors

  • Hendrawan Widianto Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Annisa Putri Pratama Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Ayu Prema Laksmi Institut Teknologi Telkom Surabaya

Keywords:

aplikasi, complete, easy, practical, scholarship

Abstract

Banyaknya pemohon beasiswa dari kalangan mahasiswa menjadi tantangan bagi tiap instansi di Indonesia dengan skema beasiswa yang ‘efektif’ dan ‘efisien’. Berdasarkan berita resmi Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Indonesia mengalami penurunan sebesar 5,32% dari triwulan ke-II 2019. Dilihat dari 17 sektor badan usaha, hampir semuanya mengalami penurunan termasuk sektor industri 6,19% dan jasa pendidikan 1,21%. Akan tetapi, di sektor informasi dan komunikasi masih mengalami pertumbuhan yang signifikan sebesar   10,88%. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, dikembangkan aplikasi COSYCALSHIP (Complete, Easy, Practical Scholarship), sebuah aplikasi berbasis android. Metode yang digunakan aplikasi adalah waterfall. Metode ini dipilih karena menggambarkan pendekatan yang sistematis dan berurutan. Hasilnya yaitu terciptanya sebuah aplikasi yang menyediakan informasi, tips dan trik mendapatkan beasiswa, klasifikasi pendaftar beasiswa serta pengontrolan terhadap mahasiswa penerima beasiswa yang dapat memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya, serta dapat mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dan instansi terkait pemanajemenan beasiswa.

References

Badan Pusat Statistik. [online]. https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/08/05/1737/-ekonomi-indonesiatriwulan-ii-2020-turun-5-32-persen.html/ (Diakses 5 Agustus 2020).

Badan Pusat Statistik. [online] https://www.bps.go.id/statictable/2009/04/16/972/pengangguran-terbuka menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan-1986---2017.html/ (Diakses 13 Februari 2020).

Dermawan, J. dan Hartini, S. (2017). Implementasi model waterfall pada pengembangan sistem informasi perhitungan nilai mata pelajaran berbasis web pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening. Paradigma, Vol. 19, No. 2, hal. 142-147.

Direktorat Penyusun APBN. [online] http://www.kemenkeu.go.id/media/13730/informasi-apbn-2020.pdf / (Diakses 13 Januari 2020).

Hardiyan. (2017). Penerapan model waterfall pada program aplikasi pengolahan nilai siswa online pada SMP islam di Tangerang. Jurnal Techno Nusa Mandiri, Vol. XIV, (1).

Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi. (2018). Higher Educational Statistical Year Book”. Pusat Data dan Informasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kustian, N. (2019). Penggunaan model waterfall dalam pembuatan aplikasi pemesanan tiket bus. Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi (String), Vol. 4, No. 1.

Nasution. (2012). Metode Reserch Penelitian Ilmiah. Bumi Aksara.

Pressman. R. S. (2010). Software Engineering: A Practioner’s Approach. McGraw-Hill, New York.

Ridho, F. R. dan Soelistijadi, R. (2019). Perancangan aplikasi pemesanan makanan ringan berbasis object oriented dengan metode waterfall. Prosiding SENDI_U, hal. 277-284.

Sukamto dan Shalahuddin. (2013). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset, Yogyakarta.

Turban, E., Aronson, J., dan Liang, P. T. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Jilid I. Edisi Bahasa Indonesia. Andi Offset, Yogyakarta.

Published

2020-11-01

How to Cite

Widianto, H., Pratama, A. P. P., & Laksmi, A. P. L. (2020). Pengembangan Aplikasi COSYCALSHIP Berbasis Android untuk Pengelolaan Beasiswa Menggunakan Metode Waterfall. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 2(2), 32-44. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/jaiit/article/view/69

Issue

Section

Research Article