Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM Pada ABA Collection Terhadap Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Nadiah Ratnaduhita Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Rio Armando Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Salsabila Qatrunnada Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Tanang Satriyo Adi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Tanfirul Roibafi Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Wan Azizah Sri Nuraini Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Ully Asfari Sistem Informasi, Institut Teknologi Telkom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i1.87

Keywords:

Pelatihan, Tingkat Kepuasan Pegawai, Regresi Linear Berganda

Abstract

ABA Collection merupakan bisnis konveksi yang memproduksi berbagai macam pakaian dan memiliki beberapa pegawai yang terbagi menjadi beberapa divisi. Tidak ada persyaratan atau ketentuan khusus dalam penerimaan pegawai, dan setiap pegawai mendapatkan pelatihan serta pembinaan agar memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan pegawai terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan oleh perusahaan dengan menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang telah dilaksanakan terbukti meningkatkan keterampilan pegawai sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan dan pembinaan tidak hanya berpengaruh terhadap peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja pegawai, namun juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan semangat kerja pegawai.

References

Agusta, L. & Sutanto, E. M., 2013. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV Haragon Surabaya. AGORA, Volume 1.

Al Qudah, H. M., 2014. The Effect Of Human Resource Management Practices On Employee Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 3(9).

Bisono, G. A., 2016. Pengaruh Sistem Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. Persada Sawit Mas (PSM) Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Volume 1.

Heryana, D., Setiawati, L. & Suhendar, B., 2019. Sistem Informasi dan Potensi Manfaat Big Data Untuk Pendidikan. Jurnal Kehumasan, Volume 2.

Lolowang, M. G., Adolfina & Lumintang, G., 2016. PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BERLIAN KHARISMA PASIFIK MANADO. JURNAL EMBA: JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI.

Mangkunegara, A. P. & Waris, A., 2015. Effect of Training, Competence and Discipline on Employee Performance in Company (Case Study in PT. Asuransi Bangun Askrida). Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 211, pp. 1240-1251.

Mua'rrifa, Z. I., Rustono & Wahyuni, S., n.d. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang.

Roswaty & Siddiq, A. M., n.d. Analisis Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Volume 10.

Sulaefi, 2017. PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Volume 5.

Suryoadi, Y., 2011. Pengaruh Pelatihan dan Kepuasan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang.

Sutisna, I., 2020. Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif.

Tampi, B. J., 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Negara Indonesia, Tbk (Regional Sales Manado). Acta Diurna, Volume 3.

Wasisto, J., 2014. Pengaruh Metode Pelatihan Terhadap Kemampuan dan Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Struktural Balai Besar Pelatihan (BBPP) Ketindan-Lawang). Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 12.

Wicaksono, Y. S., 2016. Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam, Tbk Kediri). Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 3.

Wijaya, W., 2013. Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pabrik Kecap Wie Sin di Lombok1. AGORA, Volume 1.

Wulansari, P. W., 2017. Analisis Pengaruh Pelatihan SDM dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Operasional (Studi Kasus : Pada PT. Bank Capital Indonesia).

Zein, S. et al., 2019. Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 4.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Nadiah Ratnaduhita, Rio Armando, Salsabila Qatrunnada, Tanang Satriyo Adi, Tanfirul Roibafi, Wan Azizah Sri Nuraini, & Ully Asfari. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan SDM Pada ABA Collection Terhadap Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.52435/jaiit.v3i1.87

Issue

Section

Research Article