Sistem Informasi Online berbasis Aplikasi Mobile (SAMPADE) untuk Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang

Authors

  • Rizki Yudhi Dewantara University of Brawijaya

Keywords:

implementasi sistem, sistem online, kualitas sistem, aplikasi mobile, pelayanan pajak

Abstract

Kemudahan pelayanan pembayaran dan pelaporan pajak oleh wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya akan mampu membantu pemerintah dalam memenuhi target pendapatan negara dari sektor pajak. BP2D Kota Malang adalah salah satu organisasi pemerintah yang berupaya menyelenggarakan kemudahan perpajakan bagi wajib pajak di kota Malang. Kemudahan tersebut diwujudkan dengan menyelenggarakan sistem informasi berbasis mobile SAMPADE yang khusus untuk pajak daerah. Sistem baru ini dihadapkan dengan kendala yang muncul dalam penerapannya, paper ini berupaya mengindetifikasi kendala atas penerapan sistem informasi yang baru saja di implementasikan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis penelitian didasarkan pada kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini belum sukses diimplementasikan karena kegagalan dalam mewujudkan kualitas sistem dan kualitas informasinya. Simpulan dari paper ini yaitu pentingnya proyek pembuatan dan standarisasi implementasi sistem informasi adalah mutlak diperlukan untuk menjamin sistem yang handal dan adanya keberlanjutan sistem di masa depan sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Author Biography

Rizki Yudhi Dewantara, University of Brawijaya

Lecturer, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi

References

DeLone, W. H. dan McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Leliya dan Afiyah, F. (2016). Efektivitas Sistem Pembayaran Pajak Daerah Online Dalam Peningkatan Pendapatan Daerah Kota Cirebon Leliya. Jurnal AL-Mustashfa.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muttaqien dan Kusmayadi, E.. (2009). Dasar-Dasar Teknologi Informasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Nelson, C., Treichler, P, dan Grossberg, L. (1992) ‘Cultural studies: an introduction’, in Grossberg, L., Nelson, C., and Treichler, P. (eds) Cultural Studies, New York, Routledge. (pp1-16).

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. In PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suyanto, S., Taufiq, H., dan Indiati, I. (2016). Faktor Penghambat Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di RSUD Blambangan Banyuwangi. Jurnal Kedokteran Brawijaya. https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2015.028.02.5

Giap, Y. C. (2011). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Mitra Wacana Media

Published

2019-11-01

How to Cite

Dewantara, R. Y. (2019). Sistem Informasi Online berbasis Aplikasi Mobile (SAMPADE) untuk Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 1(1), 24-32. Retrieved from https://journal.ittelkom-sby.ac.id/jaiit/article/view/9

Issue

Section

Research Article