Pengembangan Sistem Informasi Layanan Pusat Karir dengan Memanfaatkan Peta Digital Mapbox

Authors

  • Kadek Ayu Putri Meydiana Universitas Narotama Surabaya
  • Awalludiyah Ambarwati Universitas Narotama Surabaya
  • Immah Inayati Universitas Narotama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52435/jaiit.v1i1.7

Keywords:

Tracer study, MapBox, Metode prototyping, Stikom Career Center Surabaya

Abstract

Studi ini membahas pengembangan aplikasi layanan pusat karir dengan memanfaatkan platform Mapbox untuk menampilkan informasi tentang penyebaran alumni. Dari hasil wawancara terdapat aplikasi yang sudah ada tetapi belum dapat berjalan optimal, terutama dalam memberikan informasi tentang penyebaran lulusan Stikom Surabaya. Fokus utama dari penelitian ini adalah bagaimana menyajikan penyebaran alumni dalam bentuk peta digital, mendistribusikan kuesioner secara digital, dan menyajikan laporan yang informatif. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Prototyping dan framework CodeIgniter versi 3.1.0 dengan PHP. Penelitian ini akan menghasilkan aplikasi Tracer Study dengan memanfaatkan peta digital MapBox untuk menampilkan peta penyebaran alumni. Dengan penelitian ini dapat membantu SCC dalam memberikan informasi tentang penyebaran alumni dan mendukung pengambilan keputusan di tingkat struktural, dekan fakultas dan pimpinan Stikom Surabaya.

References

Fitriani, L., Tresnawati, D., dan Rahayu, S. (2018). Design of geographic information system for tracer study. IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng. 434, 012064. https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012064

Kent, A. J. dan Vujakovic, P. (2017). The Routledge Handbook of Mapping and Cartography. Routledge.

Pressman, R. S. (2010). Software engineering: a practitioner’s approach, 7. ed. ed. McGraw-Hill/Higher Education, Boston, Mass.

STIKOM CAREER CENTER SURABAYA [WWW Document], n.d. . STIKOM Career Cent. Surabaya. [online]. http://scc.stikom.edu/tentang_kami.php (Diakses 17 Maret 2019).

Downloads

Published

2019-11-01

How to Cite

Meydiana, K. A. P., Ambarwati, A., & Inayati, I. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Layanan Pusat Karir dengan Memanfaatkan Peta Digital Mapbox. Journal of Advances in Information and Industrial Technology, 1(1), 6–15. https://doi.org/10.52435/jaiit.v1i1.7

Issue

Section

Research Article